Pemberlakukan Jam Operasional Pasar Diberlakukan di Lombok Barat, Himbauan Protokol Keselamatan Tetap Gencar Dilakukan

by -0 views

Lensainfo.com – Selain melakukan penyekatan pada tempat wisata, Tim Gugus Penangan Covid-19 Lombok barat juga Melakukan penertiban dan pembatasan waktu operasional Pasar, sabtu (30/5).

Ketentuan tentang pemberlakukan jam operasional pasa ini sidah disosialisasikan sebelumnya, baik kepada Pedagang maupun pengunjung Pasar.

Adapun sasaran penertiban ini meliputi Pasar Modern, Pasar Swalayan dan pasar tradisional yang ada di Kabupaten Lombok Barat.

Kapolres Lombok Barat AKBP Bagus S. Wibowo, SIK., selaku Ketua Tim Reaksi cepat Penanganan Covid-19 Lombok Barat menuturkan bahwa di Wilayah Hukum Polres Lombok Barat yang telah melaksanakan Kegiatan ini yaitu di Pasar Kediri dan Pasar Gerung.

“Ini berdasarkan Surat Edaran Bupati tentang Pembatasan Jam Operasional Pasar, dan telah dibahas sebelumnya dengan berbagai pertimbangan,” ungkapnya.

Adapun ketentuan pembatasan waktu operasional pasar yaitu  untuk pasar modern dan swalayan dimulai pada pukul 08.00 – 22.00 wita, sedangkan pasar tradisional dibatasi paling lambat hingga pukul 10.00 wita.

“hari ini sudah dilakukan penertiban dengan memulai menertibkan penataan lahan parkir serta kendaraan disekitar pasar,” imbuhnya.

Mengecek tempat mencuci tangan yang ditempatkan di pintu masuk dan keluar pasar yang disediakan oleh pengelola pasar.

“Selanjutnya, pengaturan terhadap jarak para pedagang dengan pedagang lainnya dengan para pembeli juga ditertibkan,” katanya.

Baik pembeli maupun penjual, diarahkan untuk selalu menggunakan masker, mencuci tangan dengan sabun sesering mungkin ditempat yang telah disediakan.

“Apabila tidak mematuhi ini, maka dilakukan penindakan yaitu tidak diperbolehkan memasuki Area pasar,” ujarnya.

Tak kalah penting dalam pencegahan penularan Covid 19 yaitu para pedagang juga diminta untuk memiliki box sterilisasi uang disetiap lapaknya.

“Ini dimaksudkan guna meminimalisir resiko penularan Covid 19 di Lombok Barat, terutama di pusat perekonomian ini,” imbuhnya.

Selain itu, ini juga bertujuan untuk lebih mendisiplinkan masyarakat untuk bersama-sama bersatu melawan Virus corona atau covid-19.

“Masyarakat yang tidak menggunakan masker dianjurkan untuk balik arah dan menggunakan maskernya apabila ingin berbelanja ke pasar,” imbaunya.

Kegiatan penertiban yang efektif dilaksanakan pada hari ini, diharapkan dapat memberi pengaruh besar terhadap penurunan kasus Covid 19 di Wilayah Kabupaten Lombok Barat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.