Dengan Adanya Kampung Sehat, Desa Kembang Kuning Makin Berbenah

by -0 views

lensainfo.com – Seluruh Desa Di Provinsi Nusa Tenggara Barat kini tengah mempersiapkan diri untuk mengikuti Lomba Kampung Sehat Yang kini telah memasuki Tahap Penilaian, Sejumlah Inovasi dibuat masing-masing desa, untuk meraih predikat terbaik dalam lomba Kampung Sehat tersebut.

Salah satu desa yang menjadi andalan Lombok Timur, untuk meraih juara pada lomba yang di digelar oleh Polda NTB adalah Desa Kembang Kuning karena kerap menjadi juara ditingkat nasional dalam berbagai lomba.
Kepala Desa Kembang Kuning Lalu Sujian menjelaskan selain penerapan protokol kesehatan Covid-19 kepada masyarakat maupun di lingkungan desa dalam menghadapi Lomba Kampung Sehat Nurut Tatanan Baru juga didukung dengan sejumlah fasilitas dan posko.

Desa Kembang Kuning terkenal dengan Desa Wisata,Kembang Kuning merupakan desa yang terletak di Kecamatan Sikur Kabupaten Lombok Timur dan merupakan salah satu Desa yang memenuhi kriteria kampung sehat dengan jumlah penduduk sebesar 2.122 jiwa, pada tanggal 21 September 2019 Desa kembang kuning diresmikan sebagai salah satu Desa Wisata di wilayah Kabupaten Lombok Timur Prop. NTB oleh ibu wakil Gubernur NTB DR. HJ. SITTI ROHMI DJALILAH, yang ditandai dengan Penandatangan prasasti sebagai salah satu Desa Wisata di Propinsi NTB dan sekaligus untuk memperingati hari World Cleanup Day Tahun 2019 yang bertempat di Desa Kembang Kuning.

Dengan segudang Prestasi di bidang pariwisata dimana Pada akhir Tahun 2019 Kembali Desa Kembang kuning menorehkan prestasi sebagai Juara 1 Desa wisata Nusantara kategori Desa berkembang, dengan keindahan panorama alamnya, dengan kebersihan ( zero waste ) dan ketahanan pangan yang meliputi cadangan Beras dari hasil persawahan, perikanan serta faktor keamanan yang sangat menunjang dibawah pimpinan seorang kepala Desa bernama Haji Lalu Sujian SH, Desa Kembang kuning semakin menorehkan tinta emas didalam pengelolaan lingkungan, lebih lebih ditengah pandemi virus Covid-19.

Dengan didukung tiga pilar kamtibmas yang dibentuk oleh Kapolres Lombok Timur AKBP TUNGGUL SINATRIO, S.IK, MH di awal masa jabatannya, sgala program pemerintahan dapat berjalan selaras dengan pembangunan, menciptakan lingkungan yang sehat, ketahanan pangan yang stabil serta keamanan yang mumpuni, Desa Kembang kuning terus melaju bersaing dengan Desa Desa lainnya sehingga tidak salah kemudian Pemerintah Kabupaten Lombok Timur memilih Desa Kembang Kuning sebagai tempat untuk melaunching Program Kampung Sehat yang dilaksanakan pada tanggal 19 Juni 2020 oleh Kapolres Lombok Timur, ” Saya mewakili masyarakat Desa Kembang Kuning sangat bangga karena Desa Kembang Kuning di pilih sebagai tempat Launching Lomba Kampung Sehat oleh Bapak Kapolres. ” Ujar HL. SUJIAN, SH, kedepan dengan dukungan Pemerintah Kabupaten Lombok Timur kami akan siap untuk berkompetisi dengan Desa Desa lainnya, lebih lebih dengan launching Lomba Kampung sehat ini, akan memotivasi masyarakat kami untuk terus berbenah diri, disiplin dalam hidup sehat untuk terbebas dari pandemi Covid 19.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.