Kapolres Lotim Dan Forkopimda Lakukan Upacara HUT Bhayangkara Ke – 74 Secara Virtual

by -0 views

lensainfo.com – Polres Lotim melaksanakan upacara peringatan Hari Bhayangkara ke-74 di Gedung Dharma Polres Lotim, Rabu 01/7/2020 pada pukul 09.00 wita. Upacara dilaksanakan secara virtual di seluruh wilayah Indonesia.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Bupati Lotim HM Sukiman Azmy, Kapolres Lotim AKBP Tunggul Sinatrio SIK MH, Dandim 1615 Letkol Agus Prihanto Donnny, Ketua DPRD Lotim Murnan, Kepala Kejaksaan Negeri Lotim Tri Cahyo Hananto, Ketua Pengadilan Negeri Selong Wari Juniati, Ketua Pengadilan Agama Selong H Gunawan, dan stake holder terkait.

Saat kegiatan upacara virtual, Presiden RI, Ir H Joko Widodo menyampaikan ucapan terimakasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas pengabdian, pengorbanan dan sumbangsih Polri dalam rangka menjaga keamanan, ketertiban, penegakkan hukum dan pelayanan kepada masyarakat.

“Sebagai bangsa pejuang kita tidak boleh menyerah menghadapi Pandemi covid-19 yang melanda Indonesia dan dunia sebagai cobaan yang berat, kita harus bekerja keras untuk mengatasi permasalahan kesehatan dan ekonomi,” kata orang nomor satu di RI itu.

Lanjutnya, mulai dari jajaran Mabes, Polda, Polres dan Polsek harus aktif terlibat mengajak masyarakat untuk disiplin menjalankan lrotokol kesehatan dan aktif mengawasi kelancaran dan ketepatan penyaluran bantuan sosial.

“Perlu saya tegaskan bahwa keselamatan rakyat adalah yang paling utama, keselamatan dan kepentingan rakyat adalah hukum tertinggi, lakukan tugas kemanusian ini secara persuasif dan humanis namun harus tetap waspada, cepat tanggap dan tegas dalam menangani setiap pelanggaran hukum dengan menjaga profesionalitas dan kepercayaan rakyat,” tegas Presiden.

Dia juga perintahkan kepada jajaran Polri, Kejaksaan, KPK, dan lembaga pengawas internal pemerintahan untuk terus memperkuat sinergi dan kerjasama dalam pelaksanaan program penanganan covid-19 dibantu percapatannya dan diawasi penggunaan anggarannya.

Walaupun Polri fokus dalam membantu mengendalikan pandemi covid-19, namun sebagai agenda strategis Polri tidak boleh dilupakan. Jajaran Polri harus terus mereformasi diri secara total dan berupaya memperbaiki diri untuk lebih profesional dan modern, ubah semua kelemahan menjadi sebuah kekuatan.

“Polri akan menghadapi tantangan semakin berat dan semakin kompleks mulai dari kesehatan konvensional, kejahatan lintas negara, kesehatan berimplikasi kontijensi dan kejahatan terhadap kekayaan negara,” ungkapnya.

Pada kesempatan itu, Presiden juga mengampaikan intruksi sebagai pedoman dalam pelaksanaan tugas Polri. Di antaranya, Polri hatus memgang teguh dan mengamalkan nilai-nilai luhur Tribrata dan Catur Prasetya dalam setiap pelaksanaan tugas, jaga kehormatan kepercayaan dan kebanggan sebagai anggota Polri.

Selanjutnya, terus melakukan reformasi diri secara total, bangan sistem dan tata kelola partisipatif transparan dan akuntabel serta bangun kultur kerja Polri yang profesional modern dan terpercaya.

Mantapkan solidaritas internal, perkuat sinergi TNI dan seluruh elemen pemerintah maupun masyarakat untuk menghadapi tantangan yang semakin kompleks.

Menerapkan strategi proaktif serta tindakan persuasif dan humanis dalam menangani masalah sosial yang terjadi di tengah masyarakat.

Meningkatkan pelayanan publik yang modern dan profesional, lakukan penanganan hukum secara transparan dan berkeadilan sehingga Polri semakin dipercaya oleh masyarakat. Serta menjaga kedisiplinan masyarakat untuk menerpakan protokol kesehatan agar masyarakat produktif dan aman dari covid-19.

“Dan, Ikut mendukung proses pemulihan ekonomi nasional sesuai kewenangan Polri dengan penuh tanggung jawab,” pungkas Presdien dua periode itu.

Kegiatan Upacara Hari Bhayangkara Ke-74 oleh Polres Lotim berakhir pukul 10.10 wita. Dan, kegiatan yang dilaksanakan secara virtual itu berjalan aman dan lancar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.