Tercanangnya Program Kampung Sehat Mendorong Ekonomi Masyarakat Desa Malaka.

by -0 views

Lensainfo.com – Desa Malaka merupakan Salah satu Desa yang mengikuti lomba kampung sehat, Desa Malaka memiliki luas wilayah  yang membentang sekitar 3.970,30 Ha.

Dan Dusun Malimbu adalah salah satu Dusun yang merupakan Bagian dari Desa Malaka di Kecamatan Pemenang, Kabupaten Lombok Utara yang berbatasan langsung dengan Wilayah kabupaten Lombok Barat.

Sebagian dari Masyarakat Desa Malaka mengais rezeki dari usaha pertambangan batu, Menjalani usaha ini bagi masyarakat Dusun malimbu Desa Malaka adalah hal yang lumrah. Tidak sedikit dari warga Dusun itu menggantungkan penghidupannya dari cucuran keringat di bawah terik matahari dengan mencari hingga memecahkan batu-batu besar menjadi pecahan-pecahan kecil sampai bisa dimanfaatkan menjadi bahan bangunan.

Aktivitas pengolahan pertambangan batu dilakukan sejumlah warga di Dusun Malimbu sudah berlangsung dalam kurun waktu yang cukup lama. Aktivitas ini bahkan dilakukan turun temurun dari satu generasi ke generasi berikutnya.

Siapa sangka Cercahan hasil bumi prodsu tersebut rupanya belakangan sudah mendapat tempat tersendiri di lidah masyarakat yang dikenal dengan produksi bahan bangunan berupa hasil bumi batunya yang sangat kokoh dan paten.

Namun semenjak adanya Pandemi Covid – 19, Produktifitas pertambangan warga Dusun Malimbu sempat turun drastis, akan tetapi dengan adanya Program Adaptasi kebiasaan baru yang didukung dengan adanya lomba kampung sehat yang telah diluncurkan beberapa pekan lalu, Produktifitas dan Peminat kembali melonjak.

Produktifitas dan pemesanan hasil bumi tersebut tidak lepas dari peran Aparatur desa setempat bersinegi dengan Bhabinkamtibmas dan Bhabinsa Desa Malaka.

Brigadir Suhandi selaku Bhabinkamtibmas setempat menerangkan, sejak adanya Lomba Kampung sehat yang mengusung Adaptasi kebiasaan baru membuat para pelaku Industri hasil bumi memiliki produktifitas yang lebih banyak daripada sebelum diterapkannya kebijakan pemerintah terkait penerapan kebiasaan baru. “Saya rasa dengan adanya Lomba Kampung Sehat, perekonomian Masyarakat dapat bertahan, terlebih lagi di masa Pandemi Covid – 19 ini” pungkasnya, Jum’at (24-7-20).

Mengetahui hal tersebut, Kapolres Lombok Utara melalui Kasubbag Humas Polres Lotara menyampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh elemen terkait atas dukungannya mensukseskan Program Kampung Sehat. “Terimakasih saya ucapkan atas partisipasinya mensukseskan program ini, karena hal-hal positif seperti inilah yang harus kita tingkatkan terlebih dimasa Pandemi ini guna mendorong ekonimi kerakyatan masyarakat KLU Hususnya” Tutup Iptu Sigit Sugijanto.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.