Adanya Program KAmpung Sehat Memacu Desa Sukarema Menjadi Lebih Tangguh Dalam Bidang Ekonomi

by -0 views

lensainfo.com – Desa Sukarema adalah merupakan bagian desa di Kecamatan Lenek terletak di sebelah selatan berbatasan dengan desa Lenek Lauk dan Lenek Baru dan merupakan desa pemekaran dari desa induk kalijaga sejak tahun 2010.

Desa Sukarema terbagi 8 kekadusan dan sebagaian besar mata pencaharian masyarakatnya adalah dari pertanian.

Selaku kepala Desa saat ini adalah H. M Tahir, SH, Babinkamtibmas Bripka Maksifudin dan Babinsa Serda Lalu Fihiruddin ketiga unsur ini selalu kompak dan semangat membina masyarakat lebih – lebih di tengah pandemi covid 19.

Sejak di luncurkan program Kampung Sehat yang di inisiasi oleh Bapak Kapolda NTB, maka masyarakat secara berlomba – lomba memajukan Desa baik di bidang Kelembagaan, Kesehatan, Ketahanan pangan dan keamanan yang dibina oleh unsur tiga pilar.

Terdapat juga di salah satu Dusun bagian dari Desa Sukarema yaitu Dusun Kertasari seorang pemuda bernama Ajhuri umur 23 tahun sangat kreatif melihat potensi dibidang ekonomi yaitu mereka sejak tiga bulan yang lalu mencoba membudidayakan Jamur dari bahan dasar tongkol Jagung, dedak halus, pupuk urea dan ragi setelah itu tongkol jagung disiram sampai benar – benar basah kemudian ditaburi pupuk urea, dedak halus dan ragi setelah itu dimasukan ke media yang telah disiapkan kemudian ditutup dengan plastik.
Setelah 14 hari kemudian jamur mulai tumbuh dan panennya setiap hari selama 3 minggu dari panen pertama.
Menurut keterangan Ajhuri bahwa setiap harinya menghasilkan uang Rp 200.000 ( dua ratus ribu rupiah) dengan memiliki empat media dan penjualannya masih disekitar wilayah Desa.

Berkat keuletan yang bersangkutan maka usahanya saat ini berjalan cukup bagus dan dapat menopang kehidupan keluarga dan rencananya akan memaksimalkan dengan menambah media serta akan dapat menampung para pekerja.

Kapolsek bersama unsur tiga pilar yang ada di Desa tidak ada bosannya membina masyarakat sehingga masyarakat walaupun ditengah Pandemi covid 19 masyarakat tetap Tangguh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.