Inovasi Warga Kecamatan Labuapi Dimasa Pandemi Covid-19, Sebanyak 1500 Ekor Burung Puyuh Diternak Secara Mandiri

by -0 views

lensainfo.com – Tim pokja lomba Kampung sehat Kecamatan Labuapi Kabupaten Lombok barat yang di pimpin langsung oleh Kapolsek Labuapi Iptu Jahyadi Sibawaih S.H, dan jajaran melakukan giat peninjaun peternak burung puyuh petelur milik warga bernama Iskandar asal Dusun Karang Bucu Desa Bagik Polak barat Kecamatan Labuapi, Sabtu. (1/8)

Kapolsek Labuapi Iptu Jahyadi Sibawaih, SH mengatakan dalam peternak burung puyuh petelur tersebut bapak Iskandar memanfaatkan lahan perkarangan rumahnya yang kosong untuk dijadikan tempat penangkaran burung puyuh.

“jumlah burung puyuh ditangkar sebanyak 1500 ekor yang di kelola secara mandiri yakni dengan melakukan pengembangbiakan serta penangkaran disekitar rumahnya,”ucapnya.

Lebih lanjut Jahyadi menjelaskan bahwa peternak sekaligus pengembangbiakan burung puyuh petelur tersebut telah di jalani oleh Iskandar sejak tahun 2018.

“Beliau mulai sejak Bulan Mei Tahun 2018 pengembangkan usaha dengan melibatkan pekerja dari lingkungan keluarga sejumlah tiga orang,”jelasnya.

Dari 1500 ekor burung puyuh yang dimiliki Iskandar dalam seharinya menghasilkan 360 butir telur dan dia jual kepada pengepul yang Sudah menjadi langganan tetapnya dan sebagianya di jual kepasar Kediri.

“Pemanenan telur di lakukan setiap hari dan menghasilkan sekitar 360 butir telur puyuh setiap harinya dan penjualan telur puyuh di lakukan dengan cara pembeli datang langsung ke lokasi serta di pasarkan ke Pasar Kediri.”terangnya.

Dalam satu 1 trey berisi sekitar 90 butir telur Iskandar menjualnya seharga Rp.28.000,- sedangkan untuk burung puyuh di jual per ekornya seharga Rp.10.000,-

“Untuk burung puyuhnya perekor beliau jual Rp 10.000 ”tegasnya.

Selain itu Iskandar kini telah melakukan uji coba mengolah bekas kotoran burung puyuh menjadi pupuk kandang yang digunakan untuk penyubur tanaman secara organic.

“ Sementara uji terakhir hasil yakni untuk pohon dan daun terlihat subur namun untuk buah masih belum menampakkan hasil karena membutuhkan komposisi yang tepat,”ucap Iskandar.

Dalam giat tersebut, kapolsek mengimbau dan memberikan Edukasi terkait kampung sehat dan penerapan protokol kesehatan covid 19.

“Dengan selalu mencuci tangan dengan sabun sebelum dan sesudah beraktifitas, selalu menggunakan masker dan jaga jarak diharapkan mampu mencegah penyebaran Covid 19 di Wilayah Kabupaten Lombok barat khususnya dan NTB pada umumnya,” lanjut Kapolsek.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.