Kapolres Lotim Sampaikan Materi Bela Negara Kepada CPNSD Kabupaten Lombok Timur

by -1 views

lensainfio.com – Manfaat Wawasan Kebangsaan bagi generasi muda adalah menjalankan pembangunan sesuai dengan cita – cita Bangsa Indonesia khusunya di bidang Pendidikan. Membentuk Generasi Muda yang sehat jasmani, Rohaninya serta memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam membangun bangsa.

Menyuburkan sikap demokrasi dan penuh tenggang rasa, Mengembangkan kecerdasan yang tinggi yang disertai budi pekerti yang luhur, Mencintai bangsa sesama manusia sesuai dengan ketentuan pada UUD 1945. Menjaga kebanggaan terhadap bangsanya dari budaya bangsa asing.

Demikian beberapa hal yang disampaikan Kepala Kepolisian Resor Lombok Timur AKBP Tunggul Sinatrio SIK, MH, kepada Peserta Kegiatan Pelaksanaan Pelatihan (Lastar) CPNSD Kabupaten Lombok Timur Bertempat di PSB MTSN 1 Lombok Timur. Sabtu (03/07/21).

Materi yang disampaikan Kapolres Lotim Kali ini bertajuk “Kesiapsiagaan Bela Negara”,

“Membangun semangat nasionalisme generasi muda dalam menangkal ancaman narkoba, terorisme, paham radikal dan cyber war, Membangun persaudaraan, toleransi dan kerukunan untuk menjadikan Indonesia yang tentram, damai dan masa depan bangsa yang cerah, Meningkatkan kesadaran generasi pemuda akan pentingnya keamanan dan ketertiban bermasyarakat,” jelasnya.

Lebih detail lagi Kapolres Lotim menjelaskan bahwa Pentingnya Kesiapan Bela Negara dalam berorganisasi, terlebih bela negara adalah Kebulatan sikap tekad dan prilaku, warga negara yang di lakukan secara ihlas sadar dan disertai kerelaan berkorban sepenuh jiwa raga yang di landasi oleh kecintaan terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) berdasarkan Pancasila dan UUD NKRI 1945, untuk menjaga, merawat dan menjamin kelangsungan hidup berbagngsa dan bernegara hal ini disampaikan kepada Tujuhpuluh  peserta.

Lebih lanjut Kapolres Lotim menyampaikan bahwa Adapun dasar Hukum Bela Negara terdapat dalam isi UUD NKRI 1945 yakni :

  1. Pasal 27 Ayat (3) yang mengatakan bahwa semua warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya pembelaan Negara.
  2. Pasal 30 Ayat (1) yang menyatakan tiap tiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pertahanan dan keamanan Negara.

Dengan Demikian Bela Negara juga sangat penting ketika terjadi penjajahan yang sempat di alami indonesia ketika di Jajah Oleh Belanda, Jepang dan Portugis, dengan adanya Bela Negara yang di bentuk sedini mungkin akan menentukan kesiap siagaan bangsa indonesia untuk melawan penjajah.tegasnya.

Bela Negara juga sangat penting untuk menangkal Paham – paham yang yang intoleran, yang cendrung bermuara ke paham radikal dan anti Pancasilak,Pungkasnya.

Dalam Bela Negara tidak boleh jauh dari Ukhuah islamiah, insaniah dan watoniah, seprti Ukuah islamiah yang artinya Suatu ikatan akidah yang dapat menyatukan hati semua umat Islam walaupun tanah tumpah darah mereka berjauhan, bahasa dan bangsa mereka berbeda, sehingga setiap individu umat Islam senantiasa terikat antara satu sama lainya, membentuk suatu bangunan umat yang kokoh. Ukhuwah Insaniah artinya persaudaraan sesama umat manusia Seluruh manusia di dunia adalah bersaudara, dan Ukhuwah wathaniyah Artinya persaudaraan kebangsaan bukan hanya slogan, melainkan juga sudah menjadi kepribadian bangsa, khususnya bangsa Indonesia. Semua umat dan etnik yang hidup di bawah atap NKRI harus tertanam dalam sanubari setiap bangsa Indonesia.

Diakhir Materi yang disampaikan tersebut Kapolres menyampaikan Bela Negara juga sangat penting untuk menangkal Paham – paham yang yang intoleran, yang cendrung bermuara ke paham radikal dan anti Pancasila.

Senada Dengan penyapaina Kapolres Lotim, Kasi Humas menyampaikan dengan adanya pembekalan yang disampaikan kepada para peserta Latsar CPNSD Kabupaten Lombok Timur, Para Calon ASN memiliki wawasan Kebangsaan Yang luas serta memiliki jiwa bela Negara yang kuat. Pungkasnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.