Antisipasi Gelombang Tinggi, Satpolairud Polres Lobar Siagakan Personel dan Himbau Tunda Melaut Untuk Sementara Waktu

by -10 views

Lensainfo.com – Menyikapi cuaca buruk gelombang tinggi yang terjadi akhir-akhir ini, Sat Polairud Polres Lobar menyiagakan Personelnya untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan laut, Jumat (29/5).

Kapolres Lombok Barat AKBP Bagus S. Wibowo, S.I.K., melalui Kasat Polairud Polres Lobar Ipda I Gusti Made Suarjaya mengatakan saat ini Cuaca buruk seperti hujan deras dan angin kencang terjadi di beberapa Wilayah di Indonesia.

“Ini juga mulai dirasakan pada beberapa waktu pada Sebagian wilayah NTB khususnya yang dialami oleh Kabupaten Lombok Barat,” ungkapnya.

Curah hujan tinggi mengakibatkan gelombang pantai hingga mencapai pemukiman warga yang berada di pesisir pantai, sehingga Satpolairud Polres Lobar mempersiapkan langkah untuk mengantisipasi kemungkinan terjadi.

“Selain mempersiapkan personel, juga dengan mempersiapkan peralatan pendukung terutama peralan SAR secara maksimal,” ujarnya.

Mengantisipasi perubahan yang terjadi, Kasat Polairud mengungkapkan akan meningkatkan patroli dan memberikan himbauan dalam mengantisipasi hal terburuk khususnya meminimalisir Kecelakaan di Laut.

“Satpolirud juga mempunyai fungsi SAR, untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan terkait Laka laut,” ucapnya.

Menurutnya, telah menyiagakan personelnya pada beberapa titik lokasi rawan laka laut dan meningkatkan himbauan kamtibmas terkait kondisi gelombang tinggi.

“Personel disiagakan, pada perairan wilayah hukum Polres Lombok Barat termasuk kegiatan himbauan gencar dilakukan kepada para nelayan pesisir,” terangnya.

Menykapi ini, Satpolairud selalu berkoordinasi dengan BMKG untuk memantau perkembangan cuaca, untuk memaksimalkan Langkah-langkah yang akan diambil.

“Wilayah yang menjadi prioritas patroli direncanakan pada wilayah Pantai Sekotong, Gili Nanggu, Gili Gde dan alur-alur pelayaran kapal fery,” sambungnya.

Ini ditindaklanjuti dengan menempatkan beberapa Kapal Patroli Polairud, guna mendukung efektifitas patroli.

“Khusus keselamatan dalam penyeberangan Lembar-Padangbai, koordinasi tetap dilakukan dengan pihak Otoritas Pelabuhan Penyeberangan Lembar,” imbuhnya.

Untuk menjangkau perairan yang luas di Wilayah Hukum Polres Lombok Barat, soliditas dengan Basarnas NTB tetap terjalin.

“Bentuknya yaitu saling berkoordinasi untuk saling menutup celah lokasi yang dianggap rawan kecelakaan laut, sehingga dapat menjangkau seluruh perairan di Lombok Barat,” jelasnya.

Adapun kesiapan sarana dan prasarana untuk mendukung kegiatan operasinal Satpolairud Polres lobar, disiagakan 2 unit Kapal Patroli type C2, C3 dan 1 unir Raber Boat guna menyisir perairan tersebut.

“Kepada para warga pesisir pantai, khususnya para nelayan yang akan berlayar, agar menunda kegiatan melaut untuk sementara waktu ini,” himbaunya.

Menurutnya lebih baik Menunggu cuaca membaik, namun apabila memang itu harus dilakukan agar tetap memperhatikan keselamatan diri dengan melengkapi diri dengan alat-alat keselamatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.