Lomba Kampung Sehat Diharapkan Mampu Meningkatkan Kwalitas Kesehatan Masyarakat

by -0 views

lensainfo – Kasubbag Humas Polres Lombok Timur IPTU Lalu Jaharudin  mengatakan konsep kampung Sehat  Desa Pesanggerahan Kecamatan Montong Gading Kabupaten Lombok Timur  layak diadopsi, atau dicontoh  Sebab kampung Sehat  yang melibatkan peran serta masyarakat memiliki kontribusi besar dalam penguatan Kesehatan dan Ketahana Pangan  masyarakat di tengah pandemi COVID-19.

Konsep yang menjunjung rasa gotong royong dan kerjasama antara Pihak Pemerintah Desa, TNI/POLRI dan Masyarakat  menumbuhkan kepedulian sehingga ini dapat  dikembangkan di seluruh Desa diwilayah Kabupaten Lombok Timur karena sama-sama kita ketahui bahwa Kabupaten Lombok Timur  yang merupakan salah satu wilayah yang menjadi perhatian dalam penanganan COVID-19.

“Lombok  Timur ini merupakan zona merah dan kita melihat langkah Kapolda NTB  bersama Kapolres Lombok Timur  membangun kampung Sehat, ternyata (dampaknya) sangat luar biasa,terlihat dari antusias Desa yang ada di Lombok Timur untuk mengikuti Lomba. Terbukti dengan jumlah pesertanya sebanyak 61 Desa” katanya, Senin (22/06/2020).

Melihat dampak positif kampung Sehat  (Desa Pesanggerahan) yang berada di kaki Gunung Rinjani ini, diharapkan desa lain dapat melakukan hal serupa dengan memenuhi kriteria Sehat  seperti Kebersihan,  kesehatan, Industri, SDM, logistik pangan, informasi, keamanan, psikologi, dan budaya.

“Kalau ini dikembangkan sangat efektif, bila  setiap desa memiliki kreteria Sehat tadi, insyaallah menjadi kekuatan yang luar biasa di Kabupaten Lombok Timur  yang merupakan salah satu Kabupaten di Wilayah NTB yang penduduknya terpadat dan masih banyak menyimpan potensi serta sumber daya yang dapat dikembangkan,” paparnya.

Lebih lanjut Kasubbag Humas  menjelaskan keberadaan kampung Sehat  ini diyakini dapat menangkal penyebaran virus Corona dan virus lainnya. Sehingga secara pelahan masyarakat dapat kembali melakukan aktivitas dan beradaptasi dengan pola hidup baru (New Normal), namun tetap selalu memperhatikan protokol kesehatan.dan Penanganan COVID-19 ini menurutnya harus melibatkan semua pihak, oleh karena itu ia mengapresiasi sinergi yang dilakukan pemerintah Desa, Babinsa, Bhabinkamtibmas  dan seluruh komponen masyarakat. “Ini secara sadar mengembangkan daya tahan masyarakat dan membangun kesiapan masyarakat melawan segala hal, mulai dari menjaga keamanan dan juga ketahanan pangan,” paparnya.

“Adanya kampung sehat  ini telah mengaktifkan Poskamling yang dibina Polri dan TNI,” katanya seraya mengatakan konsep ini akan dikembangkan di Desa-desa seluruh wilayah Kabupaten Lombok Timur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.