“Kampung Sehat” Budidaya Jamur Tiram  Merupakan Salah Satu Potensi Yang Ada Didesa Lenek Daya

by -0 views

lensainfo.com – Desa Lenek daya Merupakan Salah Satu Desa di Kabupaten Lombok Timur yang mengikuti Lomba Kampung sehat yang diadakan oleh Polda NTB, di Desa Lenek daya ada beberapa UMKM yang berkembang pesat, salah satunya yaitu Budidaya jamur tiram, Budidaya Jamur Tiram ini sudah digeluti pleh sebagian Masyarakat Desa setempat sejak Tujuh TAhun lalu dan masih berlanjut sampai saat ini, bagi  warga Dusun Joga Desa Lenek Daya Kecamatan Lenek Kabupaten Lombok Timur usaha Jamur Tiram ini sangat berpotensi sebab bahan/kebutuhan dalam pengembangan usaha jamur tiram menunjang di segala kebutuhan masyarakat dan bisa diandalkan sebagai penghasilan rutin untuk menopang kebutuhan sehari – hari, terlebih lagi dimasa Pandemi Covid – 19 ini

Untuk menjadi pembudidaya Janur Tiram tidaklah begitu Suli, adapun persiapan yang harus kita lakukan antara lain;

 

Pertama – tama kita harus membuat atau menyiapkan  Kumbung (Rumah jamur).

Bahan – bahannya berupa Bambu,atap(daun kelapa,genting,asbes) yang di buat atau di rancang ssuai dengan kebutuhan ruang/kapasitas muat.

Selanjutntya yaitu Penyiapan Bahan Pembuatan Media Tumbuh Jamur(Baglog).

Adapun bahan – bahan yang di butuhkan dalam  pembuatannya misalkan untuk keprluan 100 baglog:

1). Serbuk kayu gergaji(somel)= 2 karung gabah

2). Dedak = 14 kg

3). Tepung jagung = 2 kg

4). Kalsium = 2%

5). Air =60 liter

6). Pelastik PP 05 18 (khusus plastik jamur)= 2 rol

7).cincin paralon = sesuai kebutuhan

8). Karet gelang pengikat= ssuai kebutuhan

Setelah keduanya disiapkan, diperlukan pencamouran Media bahan-bahan nomer 1 sampai 5 di campur dan di aduk secara merata sampai betul2 di pastikan rata.. kemudian bahan yang sdh tercampur di masukkan kedalam kantung plastik PP yang sudah di potong dan di lem seukuran 37 cm sehingga baglog mendapatkan ukuran setelah di isi setinggi 25 cm dan berat rata kurang lebih 1,3 – 1,4 kg dengan cincin yang sdh terpasang lihat di gambar.

Setelah itu dilanjutkan dengan Pengukusan Media(sterialisasi)

Baglog yang sdh jadi di masukkan ke dalam drum pengukus..utk pemasakan dengan kompos serta gas sebanyak 1 tong ukuran 3,5 kg (skitar 6 jam pengapian)..

Setelah itu semua disiapkan baru dilanjutkan dengan Pelepasan Bibit

setelah media mateng, baglog di keluarkan dri tong pengukus dan di pindahkan ke ruang pelepasan bibit.. semua peralatan di persiapkan dan di sterilkan(dibersihkan) dengan alkohol dan di panaskan(bakar dengan api alkohol)..

kebutuhan bibit utk 100 baglog cukup 2 kantung.(lihat di gambar).

Selanjutnya barulah masuk ke Proses Pemutihan (inkubasi)

Miselium bergerak dlm waktu 30 hari sampai media tumbuh yang sdh di kasi bibit menjadi full putih..

Setelah Semua Proses dilakukan selanjutnya dilakukan Pemindahan Ke Ruang Pertumbuhan

setelah melewati proses pemutihan selama 30 hari, media tumbuh/baglog siap di pindahb ruangkan ke ruang pertumbuhan.. kemudian lanjut ke pemotongan cincin baglog utk persiapan tumbuh daun.. sepuluh hari berikutnya media tumbuh sdh mengeluarkan daun (panen).

Pemanenan Setelah Semuanya dijalankan barulah siap untuk di Panen

Jamur tiram tumbuh secara merumpun,dan pd saat panen jamur di cabut sampai pangkal rumpun(cabut habis) kemudian di bersihkan pangkalnya dari serbuk2 yg masih nempel..

Proses terakhir yaitu Pemasaran

jamur tiram bisa di jual langsung ke pengkonsumsi, dan bisa juga lewat pengepul

Sejauh ini kbutuhan pasar masih belum seimbang antara hasil produksi dengan permintaan pasar, membuat jamur ini masih bisa dikatakan ketersediaannya masih kurang dan merupakan kesempatan Emas Bagi MAsyarakat Desa Lenek Daya.

 

Kapolres Lotim melalui Kasubbag Humas, Iptu Lalu Jaharudin berharap, dengan adanya Lomba Kampung Sehat ini diharapkan Ketahanan Pangan, Perekonomian , keamanan serta Kesehatan MAsyarakat hususnya Kabupaten Lombok Timur tetap Stabil, terlebih lagi dimasa Pandemi Covid – 19 ini. Pungkas Kasubbag Humas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.