“Lomba Kampung Sehat” Desa Pesanggerahan Miliki Lumbung Pangan Dan 11 Pos Kamling

by -0 views

lensainfo.com – Pemerintah Desa Pesanggrahan Kecamatan Montong Gading punya cara sendiri memotivasi warganya agar tetap produktif dan aman di tengah  pandemi covid 19.

Tak hanya fokus mengedukasi warganya agar tetap mematuhi himbauan pemerintah dengan mengikuti protokol kesehatan, tapi Pemdes pula menyiapkan berbagai fasilitas kesehatan, seperti thermo gun, fasilitas cuci tangan dan ribuan masker.

“Saat kasus covid 19 melonjak, Kita perketat pintu masuk desa. Setiap warga atau pengunjung yang masuk kita periksa suhu tubuhnya dan sempat kita berlakukan pintu keluar masuk desa, satu pintu”, ungkap Kepala Desa Pesanggarahan, H. Badrun, Sabtu (18/07).

Selain itu, Ujarnya, pemdes mulai mendorong agar warga beradaptasi dengan situasi pandemi saat ini. Karena tidak mungkin warga hanya tetap berdiam diri di rumah tanpa melakukan aktivitas ekonomi untuk memenuhi kebutuhan sehari hari.

“Meski di tengah pandemi mereka harus tetap produktif dengan catatan tetap aman dengan cara mengikuti protokol kesehatan”, tandas Purnawirawan TNI ini.

Karena itu, jelasnya, melalui kampung sehat, nurut tatanan baru, seluruh potensi yang ada di wilayahnya terus didorong bergerak membangkitkan semangat warga sehingga bisa produktif dan tetap aman.

Misalnya, aspek ketahananan pangan. Desa ini punya potensi yang melimpah baik di sektor pertanian dan perikanan.

“Saat pandemi, lumbung pangan kita fungsikan optimal. Warga kita siapkan beras 4 sampai 5 ton, dengan harga terjangkau dan waktu pembayaran kapan mereka punya uang”, ucapnya.

Upaya ini, katanya untuk meringankan beban warga di tengah kesulitan ekonomi dan memenuhi kebutuhan keluarga sehari hari.

Aspek lain, sosial ekonomi masyarakat terus digerakkan. Melalui sejumlah kelompok usaha dan kelompok wanita tani, Pemdes mensuport mereka sehingga bisa membantu perekonomian warga yang terdampak pandemi corona.

“Ada satu kelompok kita, Anyaman ketak, mereka bisa pekerjakan 32 orang selama pandemi dan ini sangat membantu warga”, ujarnya.

Belum lagi, soal keamanan. Ini menjadi konsen pemdes untuk mewujudkan kamtibmas. Ada 11 Poskamling yang dibangun di tiap dusun 5 diantaranya dibangun secara permanen di beberapa titik strategis

Dengan berbagai upaya ini, diharapkan Desa Pesanggarahan betul- betul menjadi kampung sehat (sehat, ekonomi, harmonis, asri dan tangguh), nurut tatanan baru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.