Polres Lotim Dan Instansi Terkait Lakukan Rapat Koordinasi Pelaksanaan Pengamanan Hari Raya Idul Adha 1441 H/2020

by -2 views

lensainfo.com – Polres Lombok Timur bersama instansi terkait menggelar rapar koordinasi (rakor) dalam rangka pengamanan perayaan Hari Raya Idul Adha 1441 H/ Tahun 2020, bertempat di Rupatama Polres Lotim. Kamis(30/07/20)

Kapolres Lotim, AKBP Tunggul Sinatrio, S.I.K., M.H, yang memimpin rakor mengatakan, kegiatan tersebut digelar dalam rangka menciptakan suasana kondusif. Karena Hari Raya Idul Adha kali ini dilaksanakan ditengah pandemi Virus Covid-19 atau Corona. Hari Raya Udul Adha akan dilaksanakan hari Jumat 31 Juli 2020.

Pengamanan dan Pengaturan serta giat Patroli gabungan dengan TNI dan Instansi terkait  dengan menyasar Masjid-Masjid yang digunakan untuk Sholat Idul Adha dan tempat wisata yang ditutup. ‘’Sore ini kita akan laksanakan patroli sampai malam hari. Kita antsipasi malam takbiran. Tempat wisata juga akan kita jaga.,’’ ungkap Kapolres Lotim  saat rakor dengan instansi terkait.

 

Kapolres juga mengimbau masyarakat untuk menjaga kamtibmas di wilayah masing-masing. ‘’ Ini agar keamanan dan ketertiban di Wilayah Lombok Timur  dan sekitarnya tetap terjaga,’’ Ujarnya.

Dalam Rakor tersebut disampaikan oleh Kakandepag Kabupaten Lombok Timur bahwa Masjid yang akan digunakan oleh Masyarakat untuk  pelaksanaan Sholat Id sebanyak Seribu lebih yang tersebar di wilayah Lombok Timur, dilanjutkan penyampaian dari Kedpala Dinas Kesehatan , pelaksanaannya tetap dengan syarat harus menerapkan protokol kesehatan dengan ketat.

‘’Mulai dengan pemeriksaan suhu tubuh sebelum masuk masjid atau musola. Menggunakan Masker, Membawa Sajaddah masing masing,  Juga dengan memperhatikan jarak karena kita masih dalam masa pandemi Corona. Camat, Kepala Desa dan Tiga Pilar  harus melakukan pengawasan supaya masyarakat tidak berkumpul di satu titik,’’ bebernya.

Sedangkan untuk malam takbiran disarankan untuk dilakukan di Masjid saja.

,’’ katanya. Dedangkan Untuk pembagian daging kurban tidak lagi sama dengan tahun sebelumnya. Untuk tahun ini, daging kurban akan langsung diantarkan ke rumah warga penerima. ‘’Daging kurban kita bagikan dengan sistem door to door. Tidak ada pembagian di tempat, dalam hal ini akan dibantu oleh Babinsa dan Bhabinkamtibmas masing-masing Desa’’ ungkapnya.

 

Rakor ini dihadiri oleh Dandim 1615 Lombok Timur, Kepala BPBD Kab. Lotim, Kepala Dinas Kesehatan, Kepala Dinas Perhubungan, Kekandeppag Kab. Lotim, Kasat Pol PP Kab Lotim, dan  PJU Lombok Timur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.