Ingin Covid-19 Segera Tuntas, Patroli Yustisi Gencar Dilakukan.

by -0 views

Lensainfo.com – Pemerintah Daerah Kabupaten Lombok Utara bersama jajaran Satuan Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Lombok Utara kembali melakukan operasi penegakan hukum penanganan protokol Covid-19. Operasi ini bertujuan untuk penertiban penggunaan masker sesuai dengan Perda Provinsi NTB Nomer 7 Tahun 2020 tentang penanggulangan penyakit menular dan Perbup Lombok Utara Nomer 15 Tahun 2020 tentang penerapan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan sebagai upaya pencegahan dan pengendalian virus covid-19.

Operasi ini dilakukan pada hari senin, 16 November 2020 pukul 09.00 sampai dengan 10.00 WITA didepan Kantor Kepolisian Sektor Gangga Kabupaten Lombok Utara.

Kegiatan ini melibatkan beberapa personel anggota TNI Angkatan Darat, Anggota POLRI, Anggota Satpol PP dan Pemadam Kebakaran, Anggota Dinas Perhubungan Kabupaten Lombok Utara, Unsur BPBD, Unsur BAPENDA dan Dinas Kesehatan Kabupaten Lombok Utara.

Sasaran yang ingin dituju dalam operasi ini adalah warga masyarakat yang tidak menggunakan masker ditempat umum  dan keramaian, serta pengguna jalan, baik pejalan kaki maupun yang mengendarai kendaraan roda dua dan roda empat yang tidak mematuhi protokol kesehatan penanganan Covid-19.

Dalam operasi ini ditemukan pelanggar sejumlah 8 orang, 2 orang terkena sanksi administrasi, dan 6 orang diberikan sanksi sosial. Pelanggar mayoritas dari masyarakat umum, sedangkan 2 orang adalah pegawai Non ASN.

Tujuan dari kegiatan yustisi ini secara umum adalah untuk mempercepat pemulihan Kabupaten Lombok Utara dari dampak menyebar luasnya Virus Covid-19 di wilayah Kabupaten Lombok Utara. Secara khusus kegiatan ini untuk memberikan peringatan kepada masyarakat tentang pentingnya mematuhi protokol kesehatan, dan untuk tercapainya program pemerintah memutus mata rantai Covid-19 di wilayah Kabupaten Lombok Utara.

Pihak Kepolisian Resort Lombok Utara juga menegaskan bahwa Operasi ini bukan semata-mata seperti sangkaan masyarakat yang menganggap bahwa setiap operasi berkaitan dengan penilangan. Hal ini sama sekali pernyataan yang kurang tepat. Kepolisian Resort Lombok Utara dibawah komando AKBP Fery Jaya Satrianysah, S.H  menekankan bahwa ini merupakan usaha penyadaran kepada masyarakat agar lebih patuh menjalankan protokol kesehatan serta untuk mengurangi kejahatan pencurian kendaraan bermotor seperti yang telah terungkap Sabtu, 14 November lalu yang telah mengungkap 6 kasus pencurian sepeda motor. Agar masyarakat Lombok Utara merasa aman”Ungkap PAUR HUMAS Kepolisian Resort Lombok Utara I Gede Wiswa Karma.

Dari Press Release Satuan Petugas Percepatan Penanganan Covid Nusa Tenggara Barat 16 November 2020, dari 33 kasus baru yang terjadi di Nusa Tenggara Barat, tidak terdapat satupun kasus baru untuk wilayah Kabupaten Lombok Utara. Hal ini merupakan hal yang positif yang patut kita apresiasi. Hal ini merupakan kerjasama yang baik antara Satuan Petugas Percepatan Penanganan Covid-19 dengan masyarakat dengan dibantu Pihak Kepolisian Lombok Utara, TNI AD, dan Beberapa Instansi Pemerintah Daerah Kabupaten Lombok Utara dan semua yang tergabung dalam tim ini berharap kondisi Lombok Utara segera pulih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.