Kapolda NTB Anggap Prestasi Polres Lotim Dalam Memelihara Kamtibmas Sangat Baik

by -11 views

lensainfo.com – Adanya Pemuda menjadi elemen penting berdirinya sebuah negara. Karenanya, peran aktif pemuda sangat diharapkan dalam membangun sebuah peradaban modern.

Dalam acara silaturrahmi pemuda dan tokoh Kabupaten Lombok Timur di salah satu cafe di Kota Selong, Lombok Timur, Jum’at sore (17/6), Kapolda NTB Irjen. Pol. M. Iqbal, SIK, MH, memaparkan sinergitas antara kepolisian, pemuda dan tokoh agama dalam berbagai sendi-sendi kehidupan.

Kapolda NTB Irjen. M. Iqbal mengatakan, dalam upaya menciptakan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) polisi tidak bisa berjalan sendiri. Tetapi, keterlibatan pemuda dan masyarakat menjadi suatu keharusan.

“Polisi harus bisa mendekat dengan elemen pemuda. Bersama pemuda akan muncul energi sangat kuat. Apalagi pemuda memiliki daya kritik. Momentum inilah bisa diambil oleh kalangan pemuda,” terang M. Iqbal dalam sebuah diskusi bertajuk Bersinergi Membangun Daerah yang digagas Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Lombok Timur, Jum’at sore (18/6).

Masih kata Jendral berbintang dua itu, dimasa-masa pandemi seperti sekarang ini elemen pemuda harus bisa mengambil peran disemua sendi-sendi.

“Dalam perspektif kepolisian, elemen pemuda mampu menjaga keamanan,  visi misi kedepannya. Apalagi bila  organisasi kepolisian digabungkan dengan visi misi pemuda dalam menjaga stabilitas daerah akan tercipta kondusifitas yang jauh lebih baik,” papar M. Iqbal.

Apalagi dengan adanya keselarasan pola in-line dengan visi dan data akan menambah harmonisasi antara institusi Polri dan kelompok pemuda.

Kapolda NTB juga tidak menampik adanya dinamika. Dan itu dinilai pasti  terjadi dimana-mana dibelahan dunia. Sebab banyak  faktor yang mempengaruhi dinamika itu.

“Nah, perspektif di NTB saya nilai masih dalam koridornya. Selama saya menjabat sebagai Kapolda NTB, pemuda banyak mewarnai dan kritisi tetapi dalam hal positif untuk ke arah perbaikan,” kata Jendral berusia 51 tahun itu.

Menilik peran pemuda di Kabupaten Lombok Timur tambah Iqbal, banyak membantu kondusifitas didaerahnya. Sehingga sampai saat ini tidak ada timbul gejolak yang bisa menimbulkan kerawanan.

Kapolda NTB berpesan untuk menghindari in-stabilitas polisi harus memiliki strategi. Ketiga strategi itu diantaranya, Pre emtif approuch, preventif approuch dan kuratif atau penegakan hukum.

“Polisi itu butuh tim dan masyarakat untuk menjaga keamanan dan ketertiban,” ujarnya.

Polisi berupaya melakukan pencegahan. Sedangkan kuratif adalah jalan terakhir penegakan hukum bagi oknum-oknum masyarakat yang melawan hukum.

“Ini upaya penegakkan keamnan yang paling akhir,” tandas Kapolda NTB Irjend. Pol. M. Iqbal mengakhiri sambutannya.

Saat diwawancarai usai acara Silaturrahmi tersebut Kapolda NTB mengapresiasi Polres Lombok Timur dalam mengelola Kamtibmas, terbukti dengan adanya hubungan baik antara Para Tokoh Agama, Tokogh Masyarakat bahkan kepada para tokoh pemuda, selain itu Lombok Timur juga juara Satu dalam upaya pencegahan Penularan Covid – 19, Lombok Timur juga mendapatkan juara Satu Dalam Lomba KAmpung Sehat, ini perlu dijadikan Contoh.tandasnya.

Kapolres Lombok Timur Melalui Kasi Humas Iptu Lalu Jaharudin berharap Adanya Silaturrahmi ini diharapkan makin memper erat lagi hubungan antara semua Elemen Masyarakat termasuk dengan pihak Kepolisian dengan harapan Bumi Patuh Karya ini tetap Kondusif, sehingga cita – cita luhur para pejuang Bangsa dapat Terwujud.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.