Polres Lotim Lakukan Pelatihan Tracer Covid 19 Kepada Personel Polres Lombok Timur dan Komunitas Masyrakat Binaan Polri

by -4 views

lensainfo.com – Polres Lotim lakukan Pelatihan Tracer Covid – 19 Kepada Personel Polres Lombok Timur dan Komunitas Masyrakat Binaan Polri  (Senkom Mitra Polri, Pokdar Kamtibmas dan KBPPP Polres Lotim).Selasa (27/07/21)

Kegiatan tersebut dimulai pukul 10.00 wita bertempat di Gedung Dharm, Hadir dalam kesempatan tersebut; Wakapolres Lotim, Kompol Agung Asmara, SIK,MIK, Kepala Seksi Surfilince dan Imuninasi Dinas Kesehatan, Bapak Sinawan M. Kes, Perwakilan  Personel Polres Lotim, Bag Sumda, Bag Ren, Bag Ops, Sat Reskrim, Sat Lantas, Sat Sabhara, Sat Intel dan Narkoba DAN Personel Polres Lotim lainnya;ian kegiatan.

Dalam sambutanya Wakapolres Lotim menyampaikan; Permohonan Bapak Kapolres yang tidak dapat hadir karena sedang mengikuti Kegiatan vicon. Untuk semua rekan rekan dan peserta pelatihan agar mengikuti kegiatan dengan sebaik baiknya dan ambil ilmunya.

Pesan saya ketika berhubungan dengan Masyarakat untuk tetap jaga Prokes Covid – 19 dan tetap berfikir yang Positif, karena bawasannya Penyakit itu semua datangnya dari Allah SWT, selanjutnya kegiatan dilanjutkan oleh Kepala Seksi Surfilince dan Imuninasi Dinas Kesehatan, Bapak Sinawan M. Kes untuk memberikan Materi.

Dalam sambutan yang disampaika Bapak Sinawan M. Kes mebngatakan;

Sampai saat ini Pandemi Covid 19 belum berakhir, sehingga kita harus tetap menajga kesehatan, tetap mematuhi Protokol Kesehatan Covid – 19.

Perlu diketahui Sejak awal Tahun 2020 Kabupaten Lombok Timur adalah Kasus Pertama Covid 19 di Wilayah Nusa Tenggara Barat.

Covid 19 adalah Penyakit menular infeksi saluran Pernapasan yang disebakan oleh virus yang berasal dari China dan satu keluarga dengan virus penyebab Sars dan Mers.

Gejala yang paling khas adalah  Hilangnya indra penciuman dan indera perasa, selain Batuk dan Pilek, sehingga harus dilasksnaakn Swab dan isolasi mandiri.

Kita harus dapat mengetahui orang orang yang teridentidikasi infeksi saluran pernafasan, apabila ditemukan segera dibawa ke Tim Kesehatan untuk mendapatkan tindakan serta perawan Medis.

Mnejelaskan Konsep Tracer adalah Mengidentifikasi dan kemudian melaksanakan karantina

Jika seseoramg memenuhi kriteria untuk pemeriksaan Swab maka dilakukan pemeriksaan Labioratorium,terangnya.

Penularan Virus Covid 19  setelah 5 – 6 hari masa inkubasi, sehingga Konsep Karantina adalah 14 Hari.

Untuk diketahyi Konidsi kita hari ini pertanggal 26 juli 2021 khusus untuk di Lombok Timur dari 18 Kecamatan, 57 Desa/Kelurahan terdapat 87 Kasus Konfirmasi.

Saat ini Kabupaten Lombok Timur secara umum berada pada Zona Orange berdasarkan dari jumlah kasus yang ada, yakni resiko Sedang.

Strategi Penanganan Covid 19 melaksnakan

–  Vaksinasi

– 3T (Tes, Treat, Trace)

– 3M (Memakai Masker, Menajaga Jarak, Mencuci tangan)

Kegiatan berakhir ditandai dengan pembacaan Do’a oleh Aipda Miptah, kegiatan yang diselenggarakan ini tetap menerapkan Protokol Kesehatan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.